Hit counter

Translate

Senin, 02 Maret 2015

Pembagian ekosistem air laut berdasarkan kedalamannya

Assalamualaikum wr wb
sekarang saya akan membagikan artikel tentang “pembagian ekosistem air laut menurut kedalamannya”.
1) epipelagik merupakan daerah antara permukaan dengan kedalaman air sekitar 200 meter, organisme yang menempati area ini adalah rumput laut, anemon, kepiting, ganggang, kerang laut, timun laut, dan bintang laut.
2) mesopelagik
merupakan daerah di bawah epipelagik dengan kedalaman 200-1000 meter, hewan yang umum ditemukan di daerah ini adalah ikan hiu.
3) Batiopelagik
merupakan daerah lereng benua dengan kedalaman 200-2.500 meter, hewan yang hidup di daerah ini antara lain gurita.
4) Abisalpelagik merupakan daerah dengan kedalaman mencapai 4.000 meter, hewan yang hidup di daerah ini berupa hewan yang memakan bangkai atau organisme lainnya.
5) Hadalpelagik merupakan bagian laut terdalam (dasar laut), kedalamannya lebih dari 6.000 meter, hewan yang menempati dasar laut antara lain: a. Angler fish, memiliki bentuk yang unik dengan lampu di bagian kepala sebagai umpan atau pancingan, ikan ini akan memangsa ikan lain yang mendekati umpan tersebut, ikan ini juga memiliki rangkaian gigi gigi kecil yang sangat tajam. b. fangtooth, walaupun terlihat seperti monster, ukuran tubuh ikan ini hanya 6 inci dengan bagian kepala yang besar, ikan ini memakan semua yang ditemui. c. gulperfish, merupakan hewan yang memiliki rongga mulut dan abdomen yang besar sehingga dapat memangsa makanan yang lebih besar dari ukuran tubuhnya. d. coffinfish, memiliki tubuh yang lembek dan berduri dengan ukuran tubuh dapat mencapai 10 cm.
e. cacing raksasa, adalah cacing yang hidup pada kedalaman 2.500 meter cacing ini dapat mencapai panjang 1 meter lebih.
f. coelacanth ,ikan ini hidup pada kedalaman di atas 1200 meter dari permukaan laut, ikan ini termasuk spesies ikan tertua di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar